5 Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Wanita

Cara mengatasi keputihan abnormal – Sebenarnya keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh wanita. Keputihan tersebut biasanya akan muncul sebelum fase menstruasi dan setelah fase menstruasi. Selain itu cairan dari keputihan tersebut bening dan tidak berbau. Wanita yang mengalami keputihan tidak normal sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, sebab keputihan yang tidak segera diatasi akan menjadi bumerang bagi wanita itu sendiri. Setidaknya dibutuhkan waktu selama 5 tahun untuk membuat keputihan tidak normal itu menjadi kanker serviks.

Cara mengatasi keputihan abnormal
Sebelum terlambat, wanita dengan keputihan tidak normal diharuskan untuk mengatasi keputihannya agar tidak menjadi berlarut-larut. Simak cara mengatasi keputihan abnormal berikut ini:

Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan abnormal atau tidak normal yang pertama adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih selama ini sangat efektif untuk mengatasi masalah kewanitaan pada wanita. Misalnya saja digunakan untuk mengatasi gatal, organ intim bau dan bisa digunakan untuk mengatasi keputihan tidak normal. Cara mengatasi keputihan yang tidak normal menggunakan daun sirih ini sangat mudah sekali. Ambil 10 lembar daun sirih, rebus daun sirih tersebut menggunakan 4 gelas air, sisakan air rebusannya menjadi dua gelas saja. Saat masih hangat, gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh organ intim agar bakteri maupun jamur bisa menghilang dari organ intim.

Cairan Antiseptik

Saat ini ada banyak cairan antiseptik yang  dijual di apotek. Cairan antiseptik tersebut sangat bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di organ kewanitaan. Keputihan yang belum terlalu parah bisa diatasi menggunakan cairan ini sayangnya jika keputihan sudah terlalu lama dan parah wanita harus berkonsultasi ke dokter untuk menemukan obat yang tepat untuk mengatasi keputihannya. Cara mengatasi keputihan abnormal menggunakan cairan antiseptik ini adalah dengan menggunakan cairan tersebut untuk membasuh organ intim wanita. Lakukan selama tiga kali dalam sehari.

Antibiotik

Saat wanita berkonsultasi ke dokter, resep pertama yang akan ditulis oleh dokter tersebut adalah obat antibiotik. Antibiotik ini sering diresepkan untuk mengatasi infeksi bakterii sehingga keputihan yang disebabkan oleh bakteri akan menggunakan obat ini. Meski antibiotik dijual bebas di apotek bukan berarti wanita bisa membelinya tanpa resep dokter. Pengkonsumsian obat tersebut harus sesuai dengan resep dokter sebab ada beberapa efek samping yang bisa wanita alami jika dosisnya tidak tepat dimana salah satu efeknya adalah bakteri dan kuman menjadi kebal sehingga obat ini tidak akan mampu lagi memberikan kesembuhan pada infeksi bakteri yang dialami.

Gel Anti Jamur

Keputihan bisa disebabkan oleh bermacam-macam salah satunya adalah disebabkan oleh jamur. Jamur Candida merupakan jamur yang biasa menyebabkan keputihan pada wanita. Wanita yang mengalami keputihan akibat jamur biasanya cairan keputihannya berwarna putih susu. Salah satu cara untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur ini adalah menggunakan gel antijamur. Oleskan gel antijamur tersebut ke bagian vagina yang terkena infeksi jamur tersebut.

Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman probiotik yang memiliki bakteri baik. Bakteri baik yang masuk ke dalam tubuh wanita tersebut akan melawan bakteri jahat. Selain itu mengkonsumsi yoghurt berguna untuk mencegah terjadinya infeksi jamur yang bisa saja muncul akibat efek pengkonsumsian antibiotik.

Bagi wanita yang sudah memiliki suami, keputihan tidak normal bisa menyebabkan penularan bakteri dari pihak istri ke suami. Tidak hanya itu saja, wanita hamil yang mengalami keputihan abnormal akan menularkan virus, bakteri maupun jamur kepada janin yang dikandungnya sehingga saat dilahirkan janin akan mengalami cacat bawaan. Jika cara mengatasi keputihan abnormal yang sudah dijelaskan diatas tidak mempan, segera hubungi dokter kandungan maupun dokter kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.