Badan Terasa Lemas dan Lesu Saat Bangun Pagi; Mungkin Ini Penyebabnya

Badan terasa lemas dan lesu saat pagi hari adalah hal yang sering dialami oleh sebagian banyak orang. Meskipun terkesan sepele, namun hal ini tentu saja sangat tidak nyaman. Nah bagi Anda yang sering mengalami hal ini pastikan Anda mengetahui beberapa penyebabnya agar saat pagi hari Anda bisa lebih segar dan bugar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Bangun pagi adalah salah satu kegiatan yang mungkin menjadi hal yang paling berat dan bahkan menyebalkan. Karena pagi hari mengharuskan setiap orang untuk melaksanakan kegiatannya. Seperti sekolah, kuliah dan juga bekerja. Setelah bangun pagi seharusnya tubuh akan merasa lebih segar dan bugar karena tubuh sudah semalaman beristirahat. Dan tak hanya itu saja mata dan pikiran pun akan menjadi lebih jernih dan lebih semangat dalam menjadi aktivitas. Namun apa jadinya jika seseorang yang bagun dari tidurnya ia mendapati badannya lebih lemas dan lesu?Badan Terasa Lemas dan Lesu Saat Bangun Pagi Mungkin Ini Penyebabnya
Lemas dan lesu di pagi hari adalah masalah sehari-hari yang mungkin saja kita tidak tahu penyebabnya. Jika tidak segera diatasi hal ini tentu saja dapat membuat produktivitas seseorang menjadi semakin menurun. Sebenarnya ada cara mudah dalam mengatasinya, yaitu dengan mencari penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, masalah badan lemas dan lesu ketika bangun tidur di pagi dapat segera diatasi.
Lantas apa saja penyebabnya? Bisa jadi  berikut adalah beberapa penyebab badan lemas, lesu dan bahkan pegal-pegal di pagi hari.
Inilah Penyebab Badan Terasa Lemas dan Lesu Saat Bangun Pagi

Posisi Tidur yang Salah
Jika Anda sering mengalami sakit dan pegal-pegal pada punggung serta pinggul, kemungkinan Anda menerapkan posisi tidur yang salah. Di katakan posisi tidur yang salah jika Anda selalu miring ke sisi yang sama seanjang malam.
Tanpa Anda sadari, tidur menyamping yang terlalu lama dapat membuat pinggul melengkung. Jika Anda memang sudah terbiasa tidur dalam posisi ini, taruhlah bantal gulilng di antara kaki untuk menjaga postur pinggul tetap benar. Sehingga tubuh dapat terasa lebih bugar saat bangun pagi.
Bermain Gadget Sebelum Tidur
Siapa yang sering melakukan hal ini? Kebanyakan masyarakat Indonesia akan bermain gadget sebelum tidur. Namun tahukah Anda hal ini justru dapat membuat tubuh tidak segar ketika bangun pagi. Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Harvard, orang-orang yang membaca dengan menggunakan gadget atau iPad lebih sulit bangun tidur dengan tubuh yang segar jika dibandingkan dengan seseorang yang membacara buku cetakan sebelum tidur.
Hal ini karena cahaya biru pada smartphone dapat menghalangi aktivitas melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur dan bangun seseorang. Seperti yang Anda ketahui jika jumlah hormon melatonin di dalam tubuh berkurang, maka kemungkinan Anda tidak bisa tidur nyenyak semalaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mematikan perangkat elektronik 90 menit sebelum tidur agar kualitas dan kuantitas tidur yang Anda miliki lebih baik.
Bantal yang Kurang Menopang
Penyebab badan terasa lemas dan lesu di pagi hari adalah karena bantal yang kurang memadai dan tidak menopang badan dengan baik. Setiap orang pastinya ingin tidur dengan bantal yang empuk, namun tahukah Anda bantal yang terlalu empuk justru tidak memberikan kenyamanan dan berpotensi menyebabkan sakit leher. Hal ini dikarenakan bantal yang empuk tidak bisa menopang kepala dan leher dengan baik, sehingga tulang belakang tidak lagi sejajar dengan baik.penyebab sering lemas di pagi hari
Suhu Kamar yang Terlalu Panas
 Suhu kamar yang terlalu panas di kamar Anda juga dapat menyebabkan hal ini. Sebab suhu kamar yang terlalu panas dapat membuat Anda dehidrasi dan berkeringat. Jika hal ini terjadi tentu saja dapat membuat kerap terbangun  di malam hari. Kondisi inilah yang membuat kualitas tidur Anda menurun, sehingga badan akan terasa lesu, lemas dan bahkan pegal-pegal di malam hari.
Oleh karena itu, sebelum tidur pastikan Anda memperhatikan suhu kamar agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar tidur Anda lebih baik dan berkualitas.
Hindari Minum Sebelum Tidur
Sebelum tidur, sebaiknya Anda juga menghindari mengonsumsi beberapa minuman seperti minuman beralkohol, minuman bersoda, teh serta minuman yang mengandung gula. Karena minuman tersebut dapat membuat Anda terjaga lebih larut. Jika haus, minumlah air putih namun jangan terlalu berlebihan. Karena dapat membuat Anda bolak balik kamar mandi, hal ini juga dapat menurunkan kualitas tidur.