Bubur Bayi 6 Bulan yang Sehat Tidak Bikin Alergi

Bubur bayi 6 bulan banyak dicari oleh para orang tua. Karena dengan mengetahui hal ini bayi mereka bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI yang bergizi. Seperti yang kita ketahui bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah siap untuk melakukan MPASI.  Sebab pada usia 6 bulan pencernaan bayi sudah sempurna dan ia juga sudah bisa mencerna makanan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih makanan yang tepat untuk si kecil agar nutrisinya tetap terjaga.



Pada usia 6 bulan juga bayi harus dikenalkan dengan nutrisi pendukung lainnya selain ASI, seperti protein, vitamin, lemak, mineral, karbohidrat dan lainnya. Namun ketidaktahuan orang tua seringkali memberikan bayi dengan makanan yang asal-asalan. Salah satunya yaitu dengan memberikan bubur instan. Sebelum membahas mengenai bubur yang baik untuk bayi 6 bulan, sebenarnya mana sih yang lebih baik antara bubur instan dan MPASI buatan sendiri?

Seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak sekali bubur instan, biskuit dan beberapa jenis kue yang banyak dijual sebagai makanan pendamping ASI. Hal ini tentu saja membuat para orang tua bingung, lebih baik membeli produk tersebut atau membuat makanan pendamping ASI (MPASI) sendiri?

Menurut dr Melisa Anggraeni, SpA dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang sebenarnya boleh-boleh saja membeli biskuit atau bubur isntan sebagai makanan pendamping ASI. Namun antara MPASI instan dan MPASI buatan sendiri pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja pada MPASI instan, makanan tersebut tentu saja sudah dipastikan mengandung zat-zat yang berguna untuk si kecil, namun kekurangannya adalah adanya bahan pengawet.

Sedangkan untuk MPASI buatan sendiri memang lebih sehat, namun jika proses pembuatannya salah tentu saja dapat menghilangkan kandungan baik yang ada di dalamnya.bubur-bayi-6-bulan



Bubur Bayi 6 Bulan Paling Aman dan Bebas Pengawet


Nah bagi Anda yang memutuskan untuk membuat makanan pendamping ASI untuk si kecil, sebaiknya hindari penggunaan perasa seperti bula atau garam yang berlebihan. Sebab kebiasaan  memberikan perasa dan penyedap buatan dapat membuat anak tidak menyukai rasa alamiah. Namun jika si kecil sudah berusia 7 bulan, barulah para orang tua bisa memodifikasi makanan yang akan disajikan.

Bubur Susu Kentang

Bubur yang bisa Anda berikan pada bayi usia 6 bulan yang pertama adalah bubur susu kentang. Untuk membuat bubur susu kentang Anda harus menyiapkan bahan seperti beberapa kentang yang sudah dikupas dan dikukus lalu dipotong kecil, dan susu formula atau ASI.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Cara pembuatannya pun cukup mudah, haluskan kentang lalu campurkan dengan sedikit susu. Setelah itu Anda bisa memblendernya hingga halus lalu campurkan dengan sedikit susu lagi hingga teksturnya lembut. Dan bubur susu kentang siap dihidangkan. Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Bubur Buah

Selain bubur kentang, Anda juga bisa membuat bubur buah agar bayi tidak merasa bosan dan selera makannya pun tetap terjaga. Sebelum membuat bubur buah, perlu diketahui pula bahwa tidak semua buah dapat dimanfaatkan. Beberapa buah yang bisa Anda gunakan adalah buah pisang, pepaya, mangga manis ataupun apel.

Caranya, haluskan salah satu jenis buah tersebut lalu campurkan dengan sedikit susu. Agar tidak lebih halus dan lunak, Anda bisa memblendernya. Dan bubur bayi 6 bulan siap dihidangkan untuk si kecil.

Bubur Sayur

Selain buah-buahan, Anda juga bisa membuat bubur bayi dari sayuran. Seperti yang kita ketahui sayuran mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang baik untuk tumbuh dan kembang bayi. Cara pembuatannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bahannya seperti brokolli dan susu atau ASI.

Lalu haluskan brokoli yang sudah dikukus dengan menggunakan blender. Lalu campurkan dengan sedikit ASI hingga sekiranya bisa dicerna oleh si kecil. Selain brokoli Anda bisa mencoba sayuran lain seperti bayam ataupun wortel.

Bubur Campuran Nasi dan Ikan

Vitamin dan nutrisi tak hanya terdapat pada buah dan sayur saja, ikan juga merupakan salah satu sumber terbaik yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan daging ikan tanpa duri sampai benar-benar halus lalu campurkan dengan nasi yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semuanya tercampur.

Beberapa ikan yang bisa digunakan antara lain, fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara. Sebelum dihaluskan, pastikan daging ikan tersebut telah di masak secara sempurna.

Demikianlah ulasan mengenai bubur bayi 6 bulan yang sehat dan aman dikonsumsi si kecil yang bisa dijadikan sebagai referensi.