5 Pantangan Saat Haid yang Harus Dihindari Wanita

Pantangan saat haid harus diperhatikan oleh wanita. Saat haid tubuh wanita sedang dalam masa rawan, pantangan yang justru dilakukannya secara terus menerus akan berdampak buruk pada tubuh wanita itu sendiri. Bukan hanya sekadar mitos belaka namun memang pantangan dan larangan tersebut patut untuk dijauhi ketika menstruasi. Pantangan tersebut mencakup makanan, minuman dan juga aktivitas yang dilarang dilakukan saat menstruasi. Jika dilakukan dampaknya tidak akan wanita rasakan sekarang, namun akan dirasakan beberapa tahun ke depan ketika semuanya sudah menjadi menumpuk. Agar menjadi lebih berhati-hati ketika menstruasi, simak beberapa daftar pantangan saat haid yang harus dijauhi oleh wanita:

makanan dibakar

Makanan Panggang atau Bakar

Saat menstruasi wanita disarankan untuk menjaga pola makannya sebab pola makan yang salah dan sembarangan ketika menstruasi bisa menjadi bumerang untuk kesehatannya sendiri. Salah satu pantangan saat haid dari segi makanan adalah mengkonsumsi makanan yang dipanggang maupun dibakar. Saat dipanggang/ dibakar akan memunculkan proses kimia yang bisa menyebabkan radikal bebas akan muncul.

Lemak trans akan muncul akibat proses memasak dengan cara dipanggang. Akibatnya hormon estrogen wanita akan menjadi meningkat dan tidak seimbang, ketidak seimbangan hormon menjadi pemicu nyeri berlebihan saat menstruasi. Selain itu mengonsumsi makanan dibakar secara terus menerus bisa memicu sel kanker di dalam tubuh.

Makanan Berminyak

Selama ini masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan, hal itu bisa terlihat dari semakin banyaknya penjual gorengan yang muncul. Padahal gorengan tidak melulu soal pisang goreng, kentang goreng, tahu, tempe dan bakwan saja. Namun semua makanan yang proses memasaknya menggunakan minyak disebut dengan gorengan seperti tumis, ikan goreng, bebek goreng dan lain sebagainya. Ketika menstruasi sebaiknya wanita menghindari makanan tersebut sebab kadar lemak menjadi meningkat sehingga selain bisa menimbulkan nyeri saat haid, nantinya kandungan lemak pada minyak goreng bisa memicu penyakit pada rahim seperti kista, miom bahkan kanker. Gantilah makanan yang digoreng dengan cara direbus sebab lebih sehat untuk rahim dan tubuh.

Hindari Kafein

Minuman berkafein seperti kopi saat ini tidak hanya digemari oleh pria, namun wanita pun suka mengonsumsi kopi ini. Boleh saja wanita mengonsumsi kopi asalkan tidak berlebihan dan saat tidak mengalami menstruasi. Alasan minuman berkafein menjadi minuman pantangan saat haid karena bisa membuat pembuluh darah menjadi menyempit. Penyempitan pembuluh darah bisa berdampak buruk pada tubuh wanita yang menstruasi sebab menjadi pemicu dehidrasi. Saat dehidrasi aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar, jika sudah begitu oksigen yang dibawa oleh darah menjadi berkurang. Akibatnya wanita akan mudah sakit kepala dan menjadi depresi saat haid.

Makanan Kemasan

Makanan yang sudah diawetkan dan sudah dikemas tidak baik dikonsumsi saat mengalami menstruasi. Hal itu dikarenakan selain mengandung pengawet makanan kemasan tersebut mengandung kadar garam yang tinggi dan juga mengandung MSG tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan rahim maupun kesehatan tubuh wanita yang menstruasi.

Olahraga Berat

Selama menstruasi wanita memang disarankan olahraga namun jenis olahraganya berbeda dengan saat tidak mengalami menstruasi. Saat menstruasi banyak pembuluh darah wanita yang terbuka sehingga jika melakukan olahraga berat bisa membuat wanita rentan mengalami pendarahan yang hebat. Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak menimbulkan kelelahan fisik yang berlebihan supaya saat menstruasi tubuh tetap fit dan bugar.

minum obat berat saat haid

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat tentang pantangan menstruasi seperti dilarang keramas, larangan menggunting kuku dan lain sebagainya. Semua itu hanyalah mitos belaka sehingga wanita tidak perlu meyakininya dan menjalaninya. Sedangkan pantangan saat haid yang telah disebutkan diatas merupakan fakta sehingga wanita perlu untuk menjauhi pantangan-pantangan tersebut.