Cara Melihat Password Wifi yang Tersimpan di Android Tanpa Root

Akses Wifi sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi para pengguna Android. Biasanya perangkat yang sudah pernah pernah terhubung dengan koneksi Wifi akan terhubung secara otomatis saat menyalakan pencarian Wifi. Namun, sesekali mungkin Anda lupa apa password Wifi yang sedang Anda gunakan. Atau jika Anda ingin berbagi jaringan Wifi dengan orang lain tanpa harus bertanya pada si pemilik Wifi karena memang pada Android meskipun sudah terhubung dengan jaringan Wifi, akan tetapi tidak dapat melihat apa password yang digunakan.




Lalu bagaimana cara melihat password wifi di android tanpa root ? Melalui artikel kali ini, Kami akan memberikan ulasan beberap aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat password Wifi pada Android.

Cara Melihat Password Wifi yang Tersimpan di Android Tanpa Root dengan Aplikasi Ini

Menggunakan Aplikasi WPSPIN
  1. Pertama Anda perlu mengunduh aplikasi WPSPIN dan menginstallnya di ponsel Android Anda.
  2. Setelah diinstal, cobalah untuk menjalankan aplikasi tersebut dan secara otomatis akan muncul daftar Wifi yang terhubung dengan ponsel Anda
  3. Pilih jaringan Wifi mana yang ingin Anda lihat passwordnya
  4. Kemudian akan muncul tampilan Pop-Up dengan tiga pilihan. Pilihlah pilihan pertama.
  5. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke menu setting dan pilihlah Advanced Option
  6. Lalu pada bagian VPS pilih PIN from Access Point dan tekan/tahan pada kolom yang sudah tersedia untuk klik paste. Terakhir, klik untuk menghubungkan.
Menggunakan Aplikasi ES File Explorer
  1. ES File Explorer juga dapat digunakan sebagai aplikasi untuk melihat password Wifi pada Android. Anda perlu mengunduh aplikasi ini dan menginstalnnya pada ponsel Anda. Aplikasi ini bekerja untuk terhubung dengan sistem folder untuk mengakses file yang disembunyikan.
  2. Setelah proses instalasi selesai, cobalah untuk membuka aplikasi ini dan masuk ke folder bagian data. data/misc/wifi.
  3. Setelah itu carilah file bernama wpa_supplicant.conf, dan bukalah.
  4. Kemudian Anda akan melihat beberapa daftar Wifi yang terhubung dengan ponsel Anda dan pilihlah jaringan mana yang ingin Anda lihat passwordnya.
  5. Akan muncul nama SSID dan password wifi yang Anda inginkan. Catatlah untuk digunakan login pada perangkat lain.
  6. Perlu menjadi catatan untuk tidak mengutak atik folder yang di eksplore tadi, karena dikhawatirkan akan merusak sistem pada ponsel Anda.
Menggunakan Aplikasi Wifi Master Key
  1. Aplikasi yang ketiga adalah Wifi Master Key yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store. Kemudian instal di ponsel Android Anda
  2. Setelah aplikasi terpasang, cobalah untuk menghidupkan koneksi Wifi Anda dan akan terdeteksi beberapa jaringan yang tersedia di sekitar Anda.
  3. Kemudia pilih salah satu jaringan yang ingin Anda lihat password Wifinya.
  4.   Tunggu beberapa saat hingga aplikasi mampu menghubungkan koneksi ke router Wifi. Jika proses selesai, maka Anda sudah terhubun dengan jaringan Wifi tersebut.
  5.  Untuk melihat passwordnya, Anda hanya perlu terhubung dengan Chrome/UC Browser  untuk input IP Adress default dari Wifi.
  6. Setelah itu masuk ke panel router dan masukan  username: “admin”, password: “admin” (tanpa tanda petik)
  7. Terakhir tentukan menu Interface Setup Wireless untuk melihat password Wifi yang sedang diakses.
Menggunakan Aplikasi Wifi Hacker Prank

Ini merupakan aplikasi yang paling mudah penggunaannya untuk melihat password Wifi yang terkoneksi dengan Android. Anda hanya perlu menginstal aplikasi tersebut dan melakukan start untuk memilih nama wifi target. Setelah wifi target di klik, maka akan muncul password Wifi yang bisa di copy.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga sebagai cara melihat password wifi yang tersimpan di android tanpa root memang terbilang mudah daripada harus melakukan root pada ponsel. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.